PENERAPAN METODE BERMUATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI

Musayyadah, Musayyadah and Dewi Pusparini, Dewi and Denok Dwi Anggraini, Denok PENERAPAN METODE BERMUATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI. NACOMSE.

[img] Text
view_usp=sharing - Other

Download (81kB)

Abstract

pendidikan anak usia dini (PAUD) semakin berkembang dari waktu ke waktu, sebagian besar keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh pendidik dengan penggunaan metode-metode yang berpusat pada anak (student-centered learning). Salah satu metode yang lagi trend adalah metode pembelajaran bermuatan STEAM (Science,Technology,Enginering,Art,dan Math). Penerapan metode bermuatan STEAM memberikan waktu untuk anak usia dini berpikir lebih luas dalam pemecahan masalah ketika aktifitas pembelajaran berlangsung, dimana anak akan memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna melalui lingkungan sekitar. Metode steam sangat bermanfaat bagi anak usia dini karena dapat menimbulkan imajinasi-imajinasi alamiah dari proses pengamatan langsung dan menambah pengetahuan anak serta akan lebih kreatif. Tujuan dari penerapan metode bermuatan steam adalah untuk menghasilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan mengembangkan daya nalar anak melalui kegiatan proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik sebagai fasilitator untuk mengembangkan dan menerapkan metode steam serta mengeksplorasi anak untuk memenuhi rasa keingintahuannya.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: dewi puspa rini
Date Deposited: 24 Jul 2023 13:28
Last Modified: 24 Jul 2023 13:28
URI: http://repository.uim.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item