RIJAL, SAMSI and Yuliawati, Fitrah (2018) Implementasi Brainstorming Tipe Clustering Dalam Pembelajaran Writing Pada Mata Kuliah English Seminar Proposal. In: SEHATI-18, 01 November 2018, UIM Pamekasan.
Text
Scan peer review sehati.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembelajaran writing ability di kelas English seminar proposal yang menggunakan brainstorming tipe clustering teknik di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Madura (UIM). Penelitian ini menggunakan penelitian descriptive qualitative yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengajar dalam hal ini dosen pengampu mata kuliah English seminar proposal menggunakan brainstorming tipe clustering teknik dalam proses pembelajaran writing ability terutama di kelas English seminar proposal. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester tujuh Program Studi Pendidikan bahasa inggris. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan list observasi dan nilai writing ability dari mahasiswa. Stelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan brainstorming tipe clustering sangat signifikan dalam mengajar writing ability, teknik ini juga membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka terutama dalam menulis proposal Bahasa Inggris. Hal ini didukung oleh data mahasiswa (89,28%) yang menyatakan bahwa penggunaan brainstorming tipe clustering sangat menyenangkan, dan 92,85% mahasiswa mendapatkan target nilai yang ditetapkan oleh peneliti.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | fitrah yuliawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 03:48 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 03:48 |
URI: | http://repository.uim.ac.id/id/eprint/243 |
Actions (login required)
View Item |